mudimesra.com - Untuk memperingati tahun baru islam 1444 H, Dayah Mudi mengadakan Musabaqah Muharram yang terangkum dalam Acara Festival Muharram.

Musabaqah Muharram sendiri merupakan acara rutinan yang diadakan oleh pihak PHBI Mudi Mesjid Raya dalam menyemarakkan tahun baru Hijriah.

Acara ini menjadi selingan dan hiburan tersendiri untuk para santri  sebelum melanjutkan tahun pelajaran baru.

Biasanya, Acara Musabaqah Muharram ini memperlombakan berbagai macam lomba yang mempertemukan para santri dari setiap dilegasi Kabupaten masing-masing untuk memperebutkan juara terbaik.

Acara ini tujuan untuk mengasah kemampuan dan bakat dari setiap santri.



Untuk tahun baru 1444 H ini, Ketua PHBI Tgk Nasrollah Murni mengatakan,bahwa Acara Musabaqah yang bertajuk Festival Muharram kali ini akan diadakan mulai dari tanggal 31 Juli (Malam Senin) sampai 5 Agustus yang bertepatan dengan 2 Muharram sampai 6 Muharram 1444 H.

Untuk perlombaan yang diadakan sendiri terdiri dari berbagai macam perlombaan seperti yang telah disampaikan oleh Tgk M. Nuzulul Akbar yang menjabat sebagai Sekretaris PHBI Dayah Mudi.

Perlombaan yang akan diadakan dalam Festival Muharram kali ini adalah :

1. Musabaqah fahmil kutub

2. Musabaqah kiraatul kutub,yang terdiri dari:

    -Kitab fathul qarib

    -Kitab fathul Muin

    -Kitab Al mahalli

3. Musabaqah pidato,yang terdiri dari:

    -Pidato bahasa Arab

    -Pidato Bahasa indonesia

    -Pidato bahasa inggris

    -Pidato Bahasa Aceh

4. Musabaqah Hafalan nazam,yang terdiri dari:

    - Nazam jauharah tauhid

    - Nazam sulam munawraq

    - Nazam Alfiyah

5. Musabaqah menulis opini

6. Musabaqah Bahsul matsail

7. Musabaqah Kaligrafi

8. Musabaqah Tajhiz Mayat.

9. Sayembara Hafalan Nazam Alfiah Ibnu Malik

Dari setiap cabang perlombaan tersebut akan dinilai oleh setiap dewan juri yang merupakan Guru senior dari Dayah Mudi sendiri yang telah memumpuni di bagian masing-masing.

Untuk setiap perlombaan tidak semua diperlombakan di panggung utama,tetapi di selenggarakan di setiap titik yang berbeda sebagai mana yang telah dipersiapkan oleh pihak PHBI.

Jumlah Arena dari festival muharram kali ini terdiri dari 5 Arena dengan panggung utama yang terletak di depan Mesjid Dayah Mudi Mesra samalanga.



Acara Festival Muharram yang berlangsung 4 Hari 5 Malam ini bisa disaksikan di livestreaming fanspage Fb Dayah Mudi Mesjid raya semalanga,sebagaimana yang telah diberitahukan oleh Pihak PHBI.

"Semoga Acara festival muharram kali ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan Apreasi yang baik dari semua pihak" ungkap Tgk.Nasrollah murni selaku Ketua PHBI Dayah Mudi.