Abiya Madani Isi Tabligh Akbar dan Zikir Maulid Ad-Dhiyaul Lami’


mudimesra.com-PHBI Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga mengadakan Tabligh Akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H pada Kamis (13/10/2022). Tablig Akbar tahun ini di isi oleh Abiya Dr. H. Muhammad Hatta, Lc. M, Ed, pimpinan Dayah Madani Al-Aziziyah Aceh Besar. Acara berlangsung mulai pukul 20:00 yang dipusatkan di Majid Poeteumeureuhom Komplek MUDI. Acara diawali dengan pembacaan Maulid Ad-Dhiyaul Lami’ dan sambutan dari Abina Abdul Muhaimin HB.


Abiya Madani membuka nasihatnya mengucapkan “Alhamdulillah kita semua ditakdirkan menjadi bagian dari Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Ini adalah nikmat yang besar. Dipilih sebagai umat Nabi Muhammad yang beriman, penunutut ilmu dan nikmat menjadi ahlussunnah wajmaah," ungkap Abiya.


Abiya juga mengajak santri untuk memperbanyak shalawat kepada Nabi Saw. Shalawat menjadi sebab kita dekat dengan Nabi. Nabi bersabda "ummat yang paling dekat denganku, ialah mereka yang paling banyak shalawatnya kepadaku." Beliau juga mengingatkan bahwa manusia tidak mungkin memiliki mukjizat seperti Nabi Saw, memiliki fisik yang sempurna seperti beliau tetapi akhlak dan beribadah seperti Nabi Muhammad Saw adalah hal yang dapat di tiru.


Abiya menghikayahkan kalam hikmah Imam Ali bin Abi Thalib “Adab tidak diperjual belikan tetapi adab adalah naluri orang terdidik. Maka bukanlah orang fakir yang tidak memiliki emas tetapi orang yang fakir adalah mereka yang tidak beradab”


Implemetasi adab Rasulullah kata Abiya di teruskan oleh sahabatnya seperti Uwais Al-Qarni. Seketika Uwais mengambil makanan di tong sampah dan disana juga ada seekor anjing yang juga mencari makanan. Anjing itu menggongong, lalu Uwais katakan kepada anjing itu

أنا آكل مما يليني وأنت تأكل مما يليك. إن جزت الصراط فأنا خير منك، وإلا فأنت خير مني

"Aku makan makanan yang ada di sekitarku, sedangkan kamu makan makanan yang ada di sekitarmu. Andai di akhirat, aku bisa melewati titian shirad, maka aku lebih baik darimu. Namun andai aku tidak bisa melewatinya, maka kaulah lebih baik dariku”  


"Tidaklah orang yang berilmu itu yang banyak berbicara dan berdebat tapi orang berilmu adalah orang yang banyak amal dan ibadah”, tutur Abiya di akhir tabligh akbarnya.


Seluruh santri dan dan guru mengikuti Tabligh akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw dengan antusias hingga penghujung acara pada pukul 23:00 Wib. (Hadi)