Mudimesra.com| Dua santri terbaik MUDI Mesjid Raya Samalanga, mengikuti lomba Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) di Solo, Surakarta, Jawa Tengah. Dua santri tersebut adalah Tgk. Haddad Shalihin dari Aceh Timur dan Tgk. Zia Azrina Ishak Mahmud dari Aceh Utara yang mengikuti cabang lomba Hifzul Alfiyyah mewakili PWNU Provinsi Aceh.

 

Acara Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) merupakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU yang acara pembukaannya diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Surakarta, Jawa Tengah, pada 15 Januari 2023 lalu. Tema yang diusung dalam perhelatan ini adalah merawat raga, memperkuat bangsa untuk peradaban dunia.



Dilansir dari situs NU Online, Porseni NU 2023 di Solo tersebut berlangsung selama 13-22 Januari 2023. Pada acara tersebut diikuti Sebanyak 3.643 putra putri madrasah dan pesantren dari setiap pengurus wilayah NU (PWNU) berkompetisi menjadi yang terbaik.

 

PWNU Aceh juga ikut berpartisipasi dalam acara PORSENI NU tersebut dengan mengirim peserta yang berjumlah 35 orang. Dua di antaranya adalah utusan dari dayah MUDI Mesjid Raya. Adapun cabang perlombaan yang diikuti oleh peserta PWNU Aceh yaitu lomba MTQ, MQK, Hifzul Alfiyyah (lomba menghafal Kitab Alfiyah 1000 bait) dan sepak bola.



Pada PORSENI NU ini perwakilan PWNU Aceh hanya berhasil memboyong satu medali perak dari cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Sedangkan dari cabang yang lain belum beruntung. Semoga kedepannya dapat mengharumkan nama Aceh di pentas nasional. (khalidin).