Mudimesra.com | Lembaga Pengembangan Dzikir dan Thariqat (LPDT) MUDI mengadakan kegiatan ibadah suluk dan khalut selama bulan Ramadhan di Dayah MUDI Mesjid Raya. Ibadah suluk dan khalwat/khalut ini diikuti oleh jamaah laki-laki dan perempuan yang sudah melakukan registrasi terlebih dahulu.

 


Adapun teknis pelaksanaan ibadah suluk dibagi pada tiga tahap yaitu: tahap pertama masuk mulai 1 Ramadhan hingga 10 Ramadhan, tahap kedua mulai 11 Ramadhan hingga 20 Ramadhan, dan tahap ketiga Mulai 21 Ramadhan hingga akhir Ramadhan. Sedangkan jama’ah khalwat/Khalut  ada yang memulai pada awal Ramadhan, tengah dan akhir Ramadhan. Di samping itu, ada juga jamaah yang melaksanakan selama sebulan penuh.

 


Ketua LPDT MUDI, Tgk. Muhammad Ali menyatakan bahwa untuk jama’ah suluk atau khalwat kali ini menerima jama’ah dari luar (Non Santri MUDI) bagi kaum Adam. Sedangkan kaum Hawa cuma menerima jama’ah dari santriwati MUDI sendiri karena mengingat dan mempertimbangkan beberapa hal.

 


Jama’ah suluk Ramadhan kali ini mencapai 500 orang. Sedangkan jamaah ibadah khalwat sebanyak 100 orang. Namun, data ini bisa saja berubah karena disesuaikan dengan para jamaah lain yang akan mendaftar selama beberapa hari ke depan.

 


Bidang pengembangan Thariqat MUDI juga telah melaksanakan pengijazahan Thariqat beberapa waktu yang lalu tepatnya pada 10 Sya’ban 1444 H. Prosesi pemberian ijazah langsung oleh Al-Mursyid Abu Syaikh Hasanoel Bashri HG atau lebih akrab disapa dengan Abu MUDI di Mushalla komplek putri.

 


Adapun Thariqat yang diijazahkan kepada para jamaah sebanyak 10 cabang Thariqat yaitu: Thariqat Naqsyabandiyah, Thariqat Khalwatiyah, Thariqat Samadiyah, Thariqat Syatariyah, Thariqat Surat al Waqiah, Thariqat surat Yasin, Thariqat surat al Kahfi, Thariqat ayat Kursi, Thariqat Hizbu Bahar, dan Thariqat Dalail Khairat.

 


Perlu diketahui bahwa kegiatan ibadah suluk dan khalwat/khalut merupakan ibadah rutinitas setiap Ramadhan yang diadakan di dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Harapannya melalui kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas iman dan ibadah kepada Allah SWT. (Khalidin)