Mudimesra.comLembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) MUDI Mesjid Raya menyelenggarakan acara pembagian hadiah dan penutupan acara Mabna Lughah di ruang aula Ma’had Aly MUDI, Jumat (17/03/23).

 

 


Agenda tersebut merupakan puncak dari kegiatan yang diadakan oleh pengurus Mabna Lughah beberapa waktu yang lalu. Serangkaian lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas santri yang ikut program khusus dalam pembelajaran Bahasa asing di dayah.

 



Acara penutupan dan pembagian hadiah berjalan dengan lancar yang diikuti oleh seluruh anggota pelajar Bahasa Arab dan Inggris di Mabna Serawak dan Alhasani. Proses acara tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

 



Dalam sambutannya, Akhy Munawir selaku syura Mabna Lughah menyampaikan bahwa berkompetensi bahasa asing adalah tuntutan bagi setiap santri dalam menyebarkan dakwah kepada masyarakat yang luas. Santri harus mampu berbahasa asing agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat dunia. Bahasa menjadi cikal-bakal utama dan prioritas dalam berdakwah di skala internasional.

  



Tgk. Fahmi yang menjabat sebagai ketua Mabna Lughah untuk periode tahun 1444 H dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh mudabbir yang ikut berkecimpung dan bertanggung jawab dalam mengembangkan bahasa Arab dan Inggris bagi santri. Mengingat bahwa eksistensi mudabbir sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas berbahasa para santri.

  



Adapun hadiah yang dibagikan kepada para pelajar yang berprestasi mencakup dalam tiga kategori yaitu juara kompetensi kajian penulisan karya ilmiah berdasarkan rujukan kitab Ta’riful Muhaqqiqin, juara kompetensi program Bahasa Arab dan Inggris serta juara perlombaan Mabna Lughah Party.




Di samping itu, pengurus Mabna Lughah juga mengundang Tgk. Mahlizar Abdullah sebagai pembicara dan pemberi motivasi bagi para anggota pelajar Bahasa Arab dan Inggris. Beliau merupakan anggota pelajar bahasa senior saat awal-awal lahirnya Mabna Lughah di dayah MUDI Mesjid Raya.

 



Beliau juga sempat menjabat sebagai ketua Mabna Lughah dan menjadi pembina aktif pelajar bahasa. Sebelumnya, pada saat pertama sekali Mabna Lughah berdiri hanya fokus pada bahasa Arab saja. Namun, saat kehadiran beliau di Mabna, beliau mulai aktif menerapkan bahasa Inggris dan diamanahkan untuk menjadi pembinanya saat itu.

  



Adapun tema yang diusulkan sebagai materi pembahasan adalah Bahasa asing dan literasi merupakan batu loncatan dalam menggapai berbagai apresiasi. Pesan penting dari Tgk. Mahlizar dalam sela-sela penyampaiannya mengatakan bahwa: “Sebenarnya bahasa Arab dan Inggris merupakan tuntutan pada setiap santri, baik dalam ranah visual maupun literasi sehingga kajian keilmuaan dapat menjadi konsumsi publik seluruh dunia”.


 

Acara tersebut diakhiri dengan salam-salaman para pelajar Bahasa dengan para pengasuh dan pengurus Mabna Lughah MUDI. (Khalidin)