mudimesra.com | Lajnah Bahtsul Masa'il (LBM) MUDI Mesjid Raya Samalanga menyelenggarakan mubahatsah bulanan santri yang berlangsung di aula Ma'had Aly MUDI bagi santri putra dan aula Al-Hasani bagi santri putri (Sabtu, 30 September 2023). Acara tersebut berlangsung sangat antusias dengan diskusi alot dan keaktifan para santri dalam mengikuti acara tersebut.

 


Untuk santriwan, acara ini mengusung tema "Konsep Istithan Dalam Mazhab Syafi'i". Sedangkan tema bagi santriwati "Berkumpul Dalam Masa Iddah Raj'iyyah". Terselenggaranya acara ini selaras dengan berpengang pada motto acara "membentuk jiwa yang kritis dan responsif terhadap problematika aktual"

 


Mubahatsah diikuti oleh santri perwakilan dari kelas masing-masing sebanyak dua orang dari kelas 5 dan 6. Dengan rincian, jika bulan ini kelas 5, maka bulan depan kelas 6 hingga berkelanjutan setiap akhir bulan.

 


Materi yang dikaji membahas tentang permasalahan dalam ilmu fiqh, nahwu, sharaf, dan lain-lain sesuai dengan tema yang diberikan oleh moderator. Biasanya menyangkut seputar masalah yang banyak terdapat di dalam kitab kurikulum santri.

 


Acara ini diselenggarakan atas anjuran dari Tgk Sulaiman selaku Wadir 3 Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, yang mana beliau melihat pergerakan santri hanya terpaku pada kelas saat belajar.

 


Sehingga dibuatlah acara Mubahatsah setiap akhir bulan untuk meningkatkan mutu santri dan memberi kesan luar biasa untuk mampu mengembalikan tradisi ulama terdahulu yang sudah sedikit pudar dan mulai dibangun kembali.