Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga adakan Tabligh Akbar peringati maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

PHBI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga mengadakan Tabligh Akbar memperingati maulid Nabi besar Muhammad SAW 1445 H pada Kamis (5/10/2023). Tabligh Akbar tahun ini diisi oleh Abi H. Hasbi Al-Bayuni, wakil ketua MPU Aceh sekaligus pimpinan Dayah Thalibul Huda, Aceh Besar. Acara berlangsung mulai pukul 20.00 WIB yang berpusat di mesjid Poeteumeureuhom komplek Dayah MUDI. 


Abi Hasbi membuka nasehatnya dengan berkata "Dengan spirit memperingati maulid Nabi besar Muhammad SAW dapat membentuk sosok santri yang intelektual yang cerdas sekaligus menjadi teladan bagi santri yang lain dan masyarakat di era zaman millenial ini dengan cara meneladani Nabi Muhammad SAW" Ungkap Abi Hasbi. 


Abi Hasbi juga mengutip kalam Habib Umar bin Hafidz "Kita tidak akan tahu hakikat keutamaan maulid kecuali mengetahui hakikat keutamaan insan yang dilahirkan di dalam bulan maulid (Nabi Muhammad SAW)"


Beliau memberi rincian terkait orang yang mengetahui hakikat maulid, yaitu orang yang meneladani Nabi, mengamalkan sunnah Nabi, membenarkan apa yang disampaikan oleh Nabi, bukan hanya sekedar mengenal beliau. Karena orang kafir Quraisy lebih mengenal beliau, tetapi tidak mengikuti ajaran yang disampaikan oleh Nabi SAW


Sangat banyak teladan yang bisa kita dapatkan dari Rasulullah SAW. Salah satunya yaitu beliau merupakan sosok yang pemaaf. Beliau tidak ingin menyinggung perasaan siapapun. Bahkan, beliau memaafkan Wahsyi, orang yang membunuh pamannya sendiri Hamzah saat perang uhud. Lanjut Abi Hasbi. 


Di akhir tabligh akbarnya, beliau bertutur "Diharapkan kepada santri saat sudah jadi alumni supaya bisa membaguskan bacaan Al-Quran dan mengisi mimbar dakwah sesuai dengan teladan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW"


Seluruh santri dan dan guru mengikuti Tabligh akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw dengan antusias hingga penghujung acara pada pukul 23:00 WIB