Tgk. Mustafa Kamal atau yang akrab dikenal dengan Tgk. Al-Bayuni kembali menerbitkan kitab. Ketua bagian Lajnah Bahtsul Masail (LBM) dayah MUDI ini yang teranyar  menerbitkan kitab yang diberi judul “Najmul Ali”, kitab dalam disiplin ilmu fikih mazhab Syafi’i sebagai hasyiah/ catatan kaki atas kitab fikih yang cukup populer di berbagai pesantren, yaitu Syarah al-Mahalli karya Imam al-Mahalli. Kitab ini secara resmi terbit juzuk pertamanya pada 24 Oktober 2023. Beliau menyebutkan juga sedang dalam tahap melanjutkan juzuk berikutnya. Juzuk pertama ini telah memuat hasyiah atas kitab al-Mahalli sampai pembahasan salat musafir.

 

Menurut pengakuannya, dalam menulis kitab ini beliau merujuk kepada 18 kitab pokok dalam fikih mazhab Syafi’i. Salah satu dosen Mahad Aly MUDI itu menyatakan bahwa beliau menulis kitab ini setidaknya dalam rentang waktu 4 atau 5 bulan lamanya.

 

“Alhamdulillah, kitab yang saya beri judul Najmul Aly ini berhasil selesai juzuk pertamanya dalam waktu 4/5 bulan. Dalam menulisnya, saya setidaknya merujuk kepada 18 kitab dalam mazhab Syafi’i, dan untuk juzuk berikutnya sedang dalam proses,” tuturnya kepada mudimesra.com

 

Tidak hanya itu, beliau sebelumnya juga produktif menulis kitab-kitab dalam disiplin ilmu lain, di antaranya Najmul Waraqat dalam disiplin usul fikih, Najmul Minhaj syarah atas khutbah Minhaj, Najmu al-Dhullam syarah atas matan Sullam dalam disiplin mantik.

 

Kehadiran kitab Najmul Aly dan beberapa kitab beliau yang lainnya mendapat apresiasi yang besar dari para pelajar, khususnya di dayah MUDI sendiri. Tidak hanya itu bahkan juga mendapat apresiasi dan ucapan dari Syura LBM MUDI Aba H. Helmi Imran pada postingan sosial medianya.

 

”Najmul Aly adalah sebuah Hasyiah yang diperkaya dengan kajian literatur dan analisis yang memantik pembaca untuk lebih menyelami khazanah fikih mazhab Syafii. Selamat buat Tgk Mustafa Kamal Albayuni, semoga semakin produktif dalam melahirkan karya-karya lainnya. Kitab ini penting dibaca oleh peminat kajian turats,” tulis Aba pada unggahan di salah satu media sosialnya.

 

Penulis berharap agar karya-karyanya dapat bermanfaat kepada umat dan bisa menjadi investasi amal kepada dirinya agar terus mengalir pahala. Terutama dapat membantu para pelajar dalam mengkaji kitab-kitab turats para ulama dengan adanya kehadiran literatur baru ini.

“Semoga kitab-kitab ini dapat menjadi ladang amal bagi saya dan senantiasa bermanfaat, khususnya dapat mendukung pembelajaran para pelajar,” pungkasnya. 

(Tadha)