Setelah Khatam al-Iqtishad fil I’tiqad, Dewan Guru Dayah MUDI Ibdak Kitab al-Mustashfa dengan Waled Tarmizi al-Yusufi


Akhirnya, kajian rutin kitab al-Iqtishad fil I’tiqad dewan guru dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga bersama Waled Tarmizi al-Yusufi khatam pada Senin, 15 Januari 2024. Salah satu karya monumental dalam rumpun Ilmu Kalam karya Hujjatul Islam Imam al-Ghazali itu dikaji kurang-lebih setahun, setelah tepat pada 15 Februari 2023 dimulai. Ini adalah kitab disiplin ilmu kalam ketiga yang dikaji berkelanjutan di kajian sore yang dipusatkan di Bale Beton itu, sebelumnya telah khatam juga Syarah Sughra dan Syarah Kubra karya Imam Sanusi. 


Selanjutnya, setelah musyawarah bagian pendidikan dayah MUDI dengan para dewan guru dan Waled, kajian ini akan dilanjutkan dengan salah satu karya monumental dalam bidang studi usul fikih, yang juga karya Imam al-Ghazali, yaitu kitab yangbertajuk al-Mustashfa min Ilm al-Usul. Kitab ini dikenal sebagai salah satu kitab rujukan utama dalam bidang usul fikih. Kira-kira sepuluh tahun lalu kitab ini juga telah pernah dikaji di majelis ini hingga khatam yang mana banyak dari dewan guru yang sempat ikut kajian saat itu telah alumni, dan hanya beberapa yang masih menetap di dayah.

 

Tepat pada Rabu, 17 Februari 2024 kajian kitab ini dimulai (kembali). Ibdak kitab bersama Waled –yang merupakan Alumni dayah MUDI dan kini menjadi pimpinan dayah Najmul Hidayah al-Aziziyah– pada sore itu diikuti dengan antusias oleh para dewan guru. Terlihat ruangan bale beton dipenuhi oleh para guru-guru lintas angkatan yang mengikuti dengan khidmat dan semangat. Berikutnya kajian ini juga akan berlanjut sebagaimana biasanya pada sore hari di Bale Beton.