Sambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, Dayah MUDI Masjid Raya Gelar Pentas Muharram

 

Samalanga, 9 Juli 2024 – Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga menyambut tahun baru Islam 1446 H dengan menggelar acara pentas Muharram yang bertajuk “Santri Berintegritas, Umat Berkualitas.” Acara ini melibatkan para santri dari berbagai kabupaten yang akan berkompetisi dalam beragam lomba. Musabaqah Muharram merupakan acara rutin yang diadakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga. Acara ini dimulai pada hari Selasa (malam Rabu), 9 Juli 2024 M/ 3 Muharram 1445 H hingga 13 Juli 2023 M/ 7 Muharram 1445 H, dan akan digelar di kompleks Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

 

Adapun macam-macam perlombaan yang akan diadakan adalah sebagai berikut:

1. Fahmil Kutub

2. Qira’atul Kitab Al-Mahalli

3. Qira’atul Kitab Ghayatul Wushul

4. Qira’atul Kitab Fathul Mu’in

5. Qira’atul Kitab Fathul Qarib

6. Hafalan Jauhar Maknun

7. Hafalan Alfiyah Ibn Malik

8. Hafalan Sullam Munawraq

9. Hafalan Jauharah Tauhid

10. Pidato Bahasa Aceh Bersajak

11. Pidato Bahasa Indonesia Ilmiah

12. Pidato Tiga Bahasa (Mutarjim)

13. Tajhiz Jenazah

14. Bahtsul Masail

15. Menulis Opini

16. Notulensi

17. Rangkum Kitab

 

Dari beragam jenis lomba tersebut, PHBI MUDI kali ini mencoba memakai sistem gugur di beberapa perlombaan. Dulu, babak final hanya ada pada perlombaan Fahmil Kutub (Cerdas Cermat). Kini, akan ada lomba lain yang juga akan ada babak penyisihan dan kemudian babak final. Babak penyisihan akan difokuskan pada siang hari untuk kemudian pada malamnya akan tampil para peserta finalis di panggung utama. Adapun lomba dengan sistem gugur adalah Fahmil Kutub, berbagai lomba baca kitab (qira’atul kutub), dan berbagai jenis pidato. Tgk Akhyar Ambia, ketua PHBI MUDI menilai bahwa sistem baru seperti ini perlu dicoba sebagai upaya inovatif yang memacu para peserta agar lebih melakukan persiapan yang lebih matang. Di samping itu, format lomba seperti ini juga mengacu pada beragam lomba berbasis pesantren di tingkat provinsi maupun nasional yang juga telah lebih dulu memakai konsep ini, seperti misalnya di MQK (Musabaqah Qira’atil Kutub) Aceh dan MQK (Musabaqah Qira’atil Kutub) Nasional.


“Pada beberapa lomba, kita akan menggunakan format baru, yaitu sistem gugur, yang mana format ini juga telah digunakan di perlombaan-perlombaan yang diadakan oleh pemerintah, baik di provinsi maupun nasional,” Tgk Akhyar menjelaskan kepada tim mudimesra.com.

 

Sambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, Dayah MUDI Masjid Raya Gelar Pentas Muharram



Selama berlangsungnya acara, PHBI Dayah MUDI juga membuka bazar yang menjual berbagai macam produk, mulai dari kuliner pakaian muslim, buku, dan lainnya. Acara akan dijadwalkan dalam 2 sesi. Pada siang dan pagi akan berlangsung lomba sistem non-gugur dan penyisihan lomba sistem gugur dan pada malam hari akan berlangsung final lomba sistem gugur dan lomba fahmil kutub.

 

Selain itu, acara ini juga disponsori oleh sejumlah pihak yang ingin mempromosikan produknya. Di antaranya dari para alumni dan para simpatisan. Sponsor produk-produk ini ditargetkan akan dipromosikan pada acara malam hari dan difokuskan di siaran langsung MUDI TV.

 

Tgk. Akhyar juga menambahkan bahwa acara ini bertujuan untuk menyambut tahun baru Islam 1446 H. Di samping itu, acara semacam ini juga sangat penting untuk meningkatkan semangat santri dalam belajar sehingga berpengaruh kepada mutu santri lulusan-lulusan pesantren ke depannya. Beliau juga mengatakan bahwa acara ini mendapat tanggapan positif dari al-Mukarram Abu sebagai mudir ma’had.

 

“Alhamdulillah, abu sangat senang dan memberi dukung penuh bagi berlangsungnya acara Pentas Muharram ini,” pungkas Ketua PHBI MUDI, yang berasal dari Montasik itu.