recent

Wadir Dayah MUDI Kunjungi Thailand dan Malaysia

KELANTAN, MALAYSIA - Wadir I dan Wadir II Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Abi Zahrul dan Aba Sayed, saat ini sedang melakukan study banding ke Thailand dan juga Malaysia yang telah dimulai dari tanggal 11 Mei hingga 18 Mei 2015 bersama dengan 16 ulama lainnya dari Kabupaten Bireuen.



Kunjungan study banding yang diprakarsai oleh Badan Dayah ini dipusatkan di bekas wilayah Kerajaan Pattani, sebuah wilayah Islam yang pernah eksis hingga awal abad ke-20 mencakup wilayah selatan Thailand dan bagian utara Malaysia. Setelah mendarat di KLIA 2 Kuala Lumpur pada Selasa (12/05/2015), rombongan langsung menuju ke Hat Yai, sebuah kota di perbatasan Malaysia-Thailand. Dari sana perjalanan dilanjutkan ke Pattani untuk mengunjungi peninggalan-peninggalan dari Kerajaan Pattani di propinsi Patani, Yala, dan Narathiwat.

Di Malaysia, kunjungan berkisar di negera bagian Kelantan dan Terengganu yang juga merupakan dua wilayah bekas Kerajaan Pattani dengan agenda mengunjungi beberapa pesantren yang berada di wilayah tersebut.

Berdasarkan info dari Abi Zahrul,  saat ini rombongan ulama dari Aceh tersebut sedang berada di Kelantan, Malaysia. Dijadwalkan akan mengunjungi pesantren-pesantren yang ada di Kelantan sebelum bertolak ke Terengganu besok harinya.

Di samping untuk melakukan study banding, kunjungan ini juga memiliki agenda penting untuk mengikat jalinan kerjasama ulama Aceh dengan ulama Melayu serumpun dalam upaya penguatan Ahlusunnah wal Jamaah dalam menjalin kerjasama pengembangan pendidikan keagamaan antar negara Melayu.
Wadir Dayah MUDI Kunjungi Thailand dan Malaysia Reviewed by Mudi Mesra on Thursday, May 14, 2015 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Dayah MUDI Mesra © 2017

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.