Dayah NAJAH Al-Aziziyah Wisudakan Hafizd Kitab Turats

mudimesra.com-Hari ini (29/8/2019) Dayah Najmul Hidayah (NAJAH) Al-Aziziyah Cot Meurak Samalanga melaksanakan wisuda untuk para santri yang telah khatam hafalan kitab. Wisuda dilaksanakan di komplek dayah se-tempat yang dimulai setelah shalat zuhur hingga selesai. Acara dihadiri oleh seluruh wali santri dan tamu undangan lainnya baik dari kalangan ulama dan umara. Sejak dimulai, acara berlangsung khitmah dan meriah terlihat dengan sangat antusiasnya santri, dewan guru, dan masyarakat sekitar dalam menyukseskan acara tahunan ini. 

Jumlah santri yang diwisuda sebanyak 68 orang, terdiri dari satu orang hafiz Matan Minhaj At-Thalibin karya Imam An-Nawawi, Tgk. Ifjal putra dari pasangan Bapak Muzakir Nurdin dan Ibu Zuryani dari Blang Jruen yang berhasil khatam dalam waktu 2,5 tahun, 23 orang hafiz Matan Alfiyah karya Ibnu Malik dari kelas III (tiga) dan IV (empat) yang mengkhatam dalam waktu 1-2 tahun, 46 orang hafiz Mutammimah Al-Jurumiyah karya Al-Khitabi dari kelas I (satu) dan kelas II (dua) yang mengkhatam dalam waktu 10 bulan. Hadiah yang telah disiapkan sebesar 120 juta dari Waled Tarmizi (pimpinan dayah), wali santri, santri, dan simpatisan dayah. Untuk hafiz Matan Minhaj diberikan hadiah 1 tiket umrah sebesar 25 juta dan sertifikat, untuk lainnya diberikan hadiah uang 1 juta rupiah, 1 set kitab Al-Mahally dan kitab I’anat at-Thalibin, dan sertifikat.

Selain acara wisuda, juga dilaksanakan acara pembagian hadiah bagi juara kelas dayah dan TPA dan pemenang Musabaqah dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H. Acara Musabawah Muharram telah dilaksanakan sejak Minggu malam (25/8/2019) dengan beberapa cabang lomba. Diantaranya cabang lomba qiraatul kitab Al-Mahally dan Fathul Mu’in, hafal kitab Awamel, Matan Jauharah, Matan Sulam, Fahmil Kutub, dan Pidato. 

Dalam wawancara mudimesra.com dengan salah satu dewan guru sekaligus panitia pelaksana Tgk. Bunayya menyebutkan bahwa acara wisuda yang dilaksanakan tahun ini bertujuan untuk menggalakkan hafalan bagi santri dayah, khususnya Dayah Najah Al-Aziziyah. Tgk. Bunayya melanjutkan, program ini telah lama digagas oleh Al-Mukarram Waled Tarmizi selaku pimpinan dayah dalam mewujudkan generasi muda Islam yang mampu menghafal sekaligus memahami kitab turats (kitab kuning). Waled mengharapkan acara yang seperti ini dapat dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya, dan untuk kedepannya para hafizd dapat terus bertambah. Waled juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut andil dalam menyukseskan acara ini, semoga menjadi amalan kebaikan kita di sisi Allah SWT. (ibnu_muda)