Musabaqah Muharram 1441 H Resmi Dibuka Tadi Malam

mudimesra.com-Dalam rangka menyemarakkkan Tahun Baru Islam 1441 H, PHBI Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga kembali melaksanakan Musabaqah Muharram tingkat propinsi dengan tema "Melalui Momentum Muharram Kita Tingkatkan Semangat Tafaqquh Fiddin Demi Lahirnya Kader Ulama di Masa Depan". Acara telah dibuka secara resmi mulai tadi malam (1 Muharram) hingga 6 Muharram 1441 H/1 September sampai 6 September 2019 M. Peserta yang mengikuti musabaqah merupakan perwakilan dari seluruh kabupaten yang ada di Dayah MUDI Mesra bahkan santri dari luar Aceh dan luar negeri. Mereka terlebih dulu telah mengikuti seleksi di tingkat kabupatennya masing-masing yang dilaksanakan beberapa minggu sebelumnya. 

"Cabang musabaqah pada tahun ini terdiri dari: Fahmil Kutub jenjang kelas I,II , dan III, Fahmil kutub jenjang kelas IV, V ,dan VI, Qiraatul Kitab Mahally, Qiraatul Kitab Fathul Qarib, Himne Dayah dan Sya'ir dan Pidato Bahasa Aceh", ungkap Tgk. Fakhrurrazi dalam wawancaranya dengan mudimesra.com. di sela-sela acara berlangsung.

Wakil ketua PHBI tersebut melanjutkan,"ada 2 cabang musabaqah lagi yang dilaksanakan non pentas yaitu Membuat Miniatur Mesjid dan Menulis Opini." 

"Selain beberapa cabang lomba di atas, juga akan diadakan sayembara hafalan nadzam Alfiyyah, Nazdam Faraidu Al-Bahiyyah, dan Nadzam Jauhar Maknun berhadiah jutaan rupiah", tambah Beliau.

Musabaqah Muharram 1441 H dibuka langsung oleh Wadir II Aba H. Sayed Mahyeddin TMS. Sesudah acara pembukaan langsung dilanjutkan dengan Musabaqah Pidato Bahasa Aceh dan Fahmil Kutub Jenjang Kelas IV, V, dan VI. Dimana regu dari Kabupaten Pidie sukses melaju ke babak final, menyingkirkan Kabupaten Barat-Selatan, Gayo Lues-Aceh Tenggara dan Aceh Tengah-Bener Meriah. Untuk Kabupaten Barat-Selatan sendiri masih mempunyai peluang untuk lolos ke babak final dengan menjadi runner up terbaik. (ibnu_muda)