Mahasantri Ma'had Aly Ikuti Kajian Ilmu Faraidh

mudimesra.com-Pada Minggu tanggal 1 September 2019, seluruh maha santri Ma'had 'Aly MUDI Mesra Samalanga mengikuti acara Kajian Ilmu Faraidh yang diasuh oleh Abiya Muhammad Hatta Lc, M.Ed. Metode pembelajaran yang diberikan oleh Abiya adalah Abiya membaca Kitab Masailul Faraidh dan menjelaskannya dengan sangat jelas dihadapan mahasantri, sehingga mahasantri penuh semangat dalam menyimak penjelasan Abiya. Kitab Masailul Faraidh adalah kitab yang ditulis sendiri oleh Abiya Muhammad Hatta dan banyak dijadikan sebagai rujukan untuk lebih mudah mengerti dan memahami ilmu faraidh di dayah-dayah. 

Ilmu faraid merupakan salah satu disiplin ilmu di dalam Islam yang sangat utama untuk dipelajari. Dengan menguasai ilmu faraid, maka Insya Allah kita dapat mencegah perselisihan-perselisihan dalam pembagian harta warisan, sehingga orang yang mempelajarinya Insya Allah akan mempunyai kedudukan yang tinggi dan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Karena pentingnya kedudukan ilmu faraidh, sekaligus diajari oleh seorang pakar dalam ilmu ini, sehingga terlihat para mahasantri sangat antusias dalam mengikuti kajian bersama Abiya. 

Abiya Muhammad Hatta, Lc, M.Ed adalah salah seorang alumni pesantren Mudi Mesra Samalanga. Beliau dulunya sekelas dengan Aby Zahrul yang merupakan Mudir Ma'had Aly MUDI Mesra ketika masih belajar di dayah. Setelah selesai belajar di MUDI Mesra, beliau melanjutkan rihlah keilmuannya ke Mesir. Setelah menyelesaikan gelar Lc-nya, beliau melanjutkan pendidikan S2 nya ke Malaysia. Sekarang Abiya Hatta telah mendirikan Pondok Pesantren di Lampeuneurut yang diberi nama LPI Dayah Madani Al-Aziziyyah. 

Salah satu pesan Abiya Hatta ketika sedang belajar adalah kita harus membiasakan menulis, karena Abiya mengungkapkan, salah satu alasan terciptanya kitab Masailul Faraidh adalah karena beliau menulis agar memahaminya. (MHz)