Santri MUDI Raih Juara Essay Kebangsaan Tahun 2019

mudimesra.com-Salimudin Burhan santri Dayah MUDI berasal dari Subulussalam keluar sebagai juara pertama lomba Essay Kebangsaan dalam Bahasa Arab bertemakan “Sya’buna Sya’bu Indonesia: Pengalaman dan Harapan" yang diselenggarakan oleh Kemendikbud tanggal 29 Oktober 2019. Tgk Mursyidi A. Rahman, salah satu dewan juri essay mengumumkan hasil perolehan juara di hadapan ribuan santri setelah shalat Ashar. Hasil ini di dapat setelah melakukan penilaian tulisan dan presentasi 10 besar peserta essay. Lomba Essay Kebangsaan ini dinilai oleh 3 orang dewan juri: Abiya H. Muhammad Hatta, Lc, M.Ed, Tgk. Mursyidi Abdurrahman, dan Tgk Murdani. 

Adapaun juara dua diraih oleh Muhammad Khalidin asal Sabang, dan juara tiga diraih oleh Yuda Maulana asal Lhokseumawe. Selain juara, dewan juri juga menyeleksi peserta harapan satu, dua, dan tiga yaitu,  Supriadin Capah, Rizky Ramadhana dan Rizky Batuah. Seluruh juara dan harapan memperoleh piagam, uang pembinaan, buku Sejarah Islam di Nusantara dan trofi.

Setelah pengumuman dan pembagaian hadiah, Bapak Agus Widiyatmoko di hadapan ribuan santri mengatakan “Terima kasih dan selamat kepada seluruh peserta. Beliau menceritakan bahwa ulama Aceh terdahulu sangat produktif dalam menulis, budaya literasi begitu kuat, dan kegiatan essay kebangsaan ini adalah ikhtiyar sederhana untuk menciptakannya. Dengan senyum beliau juga mengatakan “Setelah saya dan teman-teman keliling melihat  pondok ini, saya melihat bahwa hari-hari di MUDI adalah hari-hari yang hebat dan penuh semangat. Rasanya saya ingin berlama lama disini, dan semoga para santri semua adalah kader ulama dimasa yang akan datang” pungkas Bapak Agus. (riz.ar)