HAMAS MUDI Studi Banding Ke Malaysia

www.mudimesra.com-Himpunan Antar Mahasiswa Dan Santri (HAMAS) Lembaga Pendidikan Islam (LPI) MUDI Mesjid Raya Samalanga pada kamis (06/02/2020) mengadakan studi banding dengan Ma'had Baitul Qur'an Wal Hadits (MBQWH) di Seremban Negeri Sembilan, Malaysia. Ma'had Baitul Qur'an Wal Hadits ini merupakan salah satu pondok tahfiz Qur’an dan Hadist yang baru berkembang di negeri jiran.

Dalam pertemuan tersebut hadir Auditor Independen HAMAS Tgk. Zarkasyi Abdullah, S. Sos, Tgk. Khairul Amri, S.H., M.H Direktur Eksekutif HAMAS, Mudir Ma’had Baitul Qur'an Wal Hadits Seremban Ust. Mohd. Norrahman M. Usman Al-Munadhil serta Ust. Syakir selaku staf bidang pendidikan MBQWH. Pertemuan yang berlangsung dikantor Ma’had MBQWH tersebut keduanya sepakat untuk menjalin kerjasama dalam pendidikan.

Dalam pertemuan tersebut HAMAS MUDI menyampaikan bahwa program tahfidz di LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga diikuti oleh santri-santri yg telah faham dan khatam mengaji kitab tafsir Jalalain. HAMAS MUDI juga menawarkan program kurikulum tambahan untuk para santri tahfidz, seperti pelajaran Nahu, Sharaf, Tasawuf, Tauhid dan Fiqih yg sesuai dengan konsep Ahlussunnah waljama'ah. "Penambahan kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman santri terhadap makna Al-Qu’ran serta dapat meningkatkan profesionalitas santri dalam mengembangkan ilmu keagamaan di daerahnya masing-masing nantinya" pungkas Direktur Eksekutif HAMAS Tgk. Khairul Amri Ismail, S.H., M.H.

Dalam menyikapi tawaran tersebut, Ust. Norrahman mengungkapkan bahwa harus dilakukan pertukaran santri dan meminta kepada LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga untuk mengirimkan guru-guru yang handal ke ma’hadnya guna mengajar kitab turats. "Kami disini (Malaysia) sangat minim pengajar ilmu-ilmu tersebut dan kami sangat berharap nantinya ada santri kami yang belajar disana (Dayah MUDI)” pungkas Ust. Norrahman.

Dalam lawatanya ke negeri jiran ini, Himpunan Antar Mahasiswa Dan Santri (HAMAS) MUDI juga mewacanakan akan membuka relasi dakwah baru di beberapa wilayah lainya di negara malaysia, sebagaimana diketahui bahwa HAMAS merupakan salah satu organisasi dibawah LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga yang bergerak dibidang dakwah. Seperti telah diberitakan sebelumnya bahwa tahun ini Himpunan Antar Mahasiswa Dan Santri akan mengirimkan 150 da’i ke 13 wilayah di Nusantara.(H)

Selengkapnya Baca : 150 Dai HAMAS Diutus Ke 13 Wilayah Di Nusantara