Mudimesra.com| Abu MUDI bersama rombongan melakukan rihlah dan dakwah dalam rangka momentum pelantikan TASTAFI di Riau dan Jambi. Serangkaian agenda tersebut dilakukan mulai pada tanggal 29 Januari 2023 sampai dengan 1 Februari 2023.


Acara perdana sebelum bertolak ke Riau dan Jambi melalui jalur darat, Abu MUDI beserta rombongan terlebih dahulu menghadiri Haul Abu Keumala ke-18 di pondok pesantren Abu Keumala Al-Aziziyah di kota Medan. 

 

Setelah menghadiri Haul tersebut, Abu dan rombongan langsung menuju ke Riau untuk mengisi serangkaian acara yang dilaksanakan di provinsi Riau. Adapun agendanya adalah Tablig Akbar Persatuan Masyarakat Aceh (permasa) sekaligus dengan pelantikan pengurus TASTAFI provinsi Riau di dalam Mesjid Raya Sultan Iskandar Muda.

 

Pada tanggal 31 Januari, Abu beserta rombongan bertolak menuju Jambi yang tiba sekitar pukul 20.00 WIB di Sungai Rumbai. Abu MUDI beserta rombongan disambut hangat oleh para alumni MUDI yang telah menunggu di wilayah tersebut dan langsung  menuju ke pondok pesantren Serambi Mekkah Al-Aziziyah yang waktu tempuh sekitar 4 jam.

 

Pondok pesantren Serambi Mekkah Al-Aziziyah merupakan salah satu pondok pesantren yang dipimpin oleh alumni MUDI yaitu Abiya Dr. Tgk. Riyandi Syafri, MA yang berlokasi di jalan Lintas Sumatera, Palawan Jaya, kecamatan Pelawan, kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Adapun rangkaian agenda pada ponpes tersebut yaitu pengajian akbar TASTAFI bersama masyarakat dalam momentum peresmian pondok pesantren Serambi Mekkah Al-Aziziyah serta launching SMPS IT Serambi Mekkah Al-Aziziyah.

 

Kemudian Abu beserta rombongan menuju ke pondok pesantren Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah yang terletak di kecamatan Tabir kabupaten Merangin. Pesantren tersebut dipimpin oleh Tgk. Idham Khalid, S. Sos yang merupakan alumni dari dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

 

Pada pondok pesantren tersebut diselenggarakan pelantikan pengurus TASTAFI provinsi Jambi oleh pengurus TASTAFI pusat. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pengajian akbar TASTAFI bersama masyarakat sekaligus penguatan Amaliyah Thariqah An-Naqsyabandiyah. Dalam daurah akbar TASTAFI tersebut juga ada prosesi peusijuk santri se-kecamatan Tabir.

  

Selain itu, Abu juga mengisi pengajian akbar TASTAFI di pondok pesantren Miftahul Jannah Al-Akromiyah Al-Aziziyah di bawah pimpinan Tgk. Saipul. Beliau juga termasuk salah-satu alumni dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang berdomisili di Jambi. Sebelum Abu MUDI beserta rombongan bertolak kembali ke Aceh, Pada kesempatan tersebut Abu juga melantik Rabithah Alumni MUDI untuk wilayah Jambi.

 

Rangkaian acara tersebut berlangsung dengan sangat antusias yang diikuti oleh para masyarakat dan juga ikut hadir pimpinan-pimpinan pondok pesantren di wilayah Jambi.  (Khalidin)