Mudimesra.com | Bagian HUMAS Dayah MUDI Mesjid Raya menyelenggarakan Tabligh Akbar yang diikuti oleh seluruh santri putra. Kajian Tabligh Akbar tersebut diisi oleh Dr. Tgk. H. Helmi Imran, MA atau lebih akrab disapa dengan Aba Nisam di dalam Mesjid Raya Poeteumeuruhom, kamis (malam Jumat) (23/02/23).

 

 

Adapun tema yang diusung oleh bagian HUMAS Dayah adalah motivasi semangat santri serta adab murid terhadap guru. Acara tersebut berlangsung dengan khidmat dan antusias oleh santri yang dimulai sejak pukul 22.00 WIB sampai dengan selesai.

 

 

Berdasarkan konfirmasi dari pihak HUMAS Dayah mengatakan bahwa acara Tabligh Akbar merupakan rutinitas bulanan, tepatnya setiap akhir bulan. Agenda ini perlu dilaksanakan sebagai suplemen nutrisi dan motivasi bagi santri agar tercambuk kembali semangat dalam belajar.

 

 

Dalam kajian tersebut, Aba banyak memberikan motivasi dan menceritakan tentang proses menuntut ilmu beliau selama di dayah MUDI yang mana beliau berada di dayah lebih kurang selama 30 tahun sekian. Beliau juga mengingatkan kepada para santri agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu serta memanfaatkan fasilitas yang sudah serba mudah sebagai pembangkit semangat belajar.

 

 

Di samping itu, beliau juga sangat tegas dan menekankan kepada seluruh santri agar menjaga dan konsisten beretika baik dan beradab dengan guru meskipun bukan guru yang mengajar langsung.

 

 

Sebagaimana yang diketahui, malam Jumat para santri memiliki rutinitas khusus yaitu pembacaan Dalail Khairat setelah shalat Magrib dan dilanjutkan dengan acara Muhadharah setelah shalat Isya. Namun, khusus pada malam Jumat setiap akhir bulan akan diadakan kajian Tabligh Akbar yang akan diisi oleh guru senior dayah MUDI Mesjid Raya. (Khalidin)