Mudimesra.com | Tim Tashil al-Tullab MUDI Mesjid Raya kembali menggelar training metode mudah membaca kitab kuning di Dayah Riadhul Mubaarak Al-Isdrisiyyah atau biasa dikenal dengan sebutan Dayah RIMU yang berlokasi di Matang Teungoh, Tanjongan, kecamatan Samalanga, kabupaten Bireuen, pada Jum’at malam (10/02/23).

 

 

Training yang diselenggarakan di Dayah tersebut berlangsung sejak tanggal 10-12 Februari 2023 yang digelar dalam ruang aula dayah Riadhul Mubaarak Al-Isdrisiyyah. Pelaksanaan training di dayah ini merupakan untuk kali kedua diselenggarakannya di luar dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang mana sebelumnya perdana diadakannya di dayah Nurur Rasyad Al-Aziziyah (NURA), Sigli, tepatnya pada bulan lalu.

 

 

Adapun jumlah peserta yang ikut dalam training tersebut yaitu 32 orang dan semuanya merupakan dewan guru aktif mengajar di dayah itu. Acara tersebut berlangsung dengan penuh antusias dan khidmat. Ini dilihat dari keaktifan dan semangatnya para peserta dalam mengikuti training tersebut.

 

 Pengisi training kali ini atau trainer adalah Tgk. Lukman Hakim M. Yusuf dan Tgk. Zainal Abidin, S.Ag. Keduanya merupakan anggota tim trainer senior metode Tashil al-Tullab yang sudah cukup berpengalaman dan sudah mengisi beberapa kali training sebelumnya di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.

 

 

Terwujudnya pelaksanaan training ini di Dayah RIMU tidak terlepas dari insiatif pimpinannya yaitu Tgk. Tu Bushairi Yahya (Ayah Tanjongan).  Beliau ingin menetapkan Tashil al-Tullab yang berisikan metode-metode baru mempelajari kitab kuning sebagai salah satu kurikulum di dayah tersebut. Namun, tidak menghilangkan kearifan lokal untuk membaca kitab kuning ini.

 

 

Harapannya dari pelaksanaan training Tashil al-Tullab ini kepada para tenaga pendidik di Dayah atau pesantren dapat meningkatkan kemampuan para santri yang akan dibimbing nantinya dalam membaca kitab kuning. (khalidin)