Belasan Santri Dayah MUDI memperoleh Juara di MQK III Aceh; 4 Santri Juara 1



Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) III Aceh yang diselenggarakan pada 21-23 Juni 2023 secara resmi telah ditutup. Acara perlombaan baca kitab antar kabupaten se-provinsi Aceh yang diadakan di Hotel Grand Aceh Syariah, Lamdom, Banda Aceh itu ditutup langsung oleh Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki pada malam Sabtu, 23 Juni 2023 di hadapan para santri peserta dari berbagai daerah dan para hadirin lainnya di Aula.

 

Pada ajang dua tahunan ini, belasan santri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga berhasil memperoleh juara beragam dari berbagai cabang. Secara khusus, melalui kafilah kabupaten Bireuen sebagai alamatnya Dayah MUDI mengutus 4 orang santri yang telah melewati tahap seleksi mulai di dayah hingga di kabupaten. Alhamdulillah, semuanya memperoleh juara.

 

Para juara tersebut adalah Tgk. M. Irfan Halim yang memperoleh juara 1 cabang tauhid, Tgk. Najmul Hadi juara 3 cabang nahwu, Tgk. Ahmad Hanbali juara 3 cabang akhlak, dan Tgk. Wahrul Walidin juara harapan 3 cabang usul fiqh. Para peserta telah jauh-jauh hari didampingi untuk belajar dan mutala’ah kitab yang akan diikutinya oleh anggota Lajnah Bahsul Masail (LBM) Dayah MUDI Samalanga, yang juga sekaligus menjadi official pendamping para peserta dari kafilah Bireuen.

 

“Para peserta telah melewati berbagai tahap seleksi dari beberapa pihak. Meskipun hasilnya belum maksimal, tetapi para peserta telah berusaha semaksimal mungkin dan sangat antusias belajar untuk mengikuti perlombaan ini,” ujar Tgk. Sayed Munazir, sebagai salah satu official ketika dihubungi pihak mudimesra.com.

 


Tidak hanya itu, beliau menambahkan bahwa banyak juga para santri MUDI yang mengikuti ajang ini mewakili kabupatennya masing-masing. Karena keterbatasan kuota, mereka masih dapat menjadi peserta dengan membawa nama Dayah MUDI mewakili beberapa kabupaten lainnya. Tidak sedikit juga di antara mereka yang memperoleh juara dari berbagai cabang yang diperlombakan.


Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, berikut adalah nama-nama para santri MUDI Mesjid Raya yang memperoleh juara di MQK III Aceh 2023:

1. Tgk. Muhammad Basyir, juara I, marhalah wustha, cabang tafsir dari Pidie

2. Tgk. Ahmad Taifur, juara I, marhalah wustha cabang akhlak dari Aceh Timur

3. Tgk. M. Irfan Halim, juara I, marhalah wustha, cabang tauhid, dari Bireuen

4. Tgk. Muhammad Fiqri, juara I, marhalah wustha, cabang ushul fiqh dari Lhokseumawe

5. Tgk. Ahmad Hanbali, juara III, marhalah wustha, cabang akhlak dari Bireuen

6. Tgk. Najmul Hadi, juara III, marhalah wustha, cabang nahwu dari Bireuen

7. Tgk. Muhammad Al-Rakha, juara III, marhalah wustha, cabang ushul fiqh dari Aceh Timur

8. Tgk. Syarifah Nail, juara III, marhalah wustha, cabang usul fikih Aceh Timur

9. Tgk. Muhammad Faris, juara harapan I, marhalah wustha, cabang nahwu dari Lhokseumawe

10. Tgk. Nafisatul Azkia, juara harapan I, marhalah wustha, cabang tauhid putri dari Pidie

11. Tgk. Muhammad Aufar, juara harapan II, marhalah wustha, cabang akhlak dari Pidie

12. Tgk. Wahrul Walidin, juara Harapan III, marhalah wustha, cabang ushul fiqh dari Bireuen

13. Tgk. Muhammad Fahrol, juara harapan III, marhalah wustha, cabang nahwu dari Pidie

Atas nama lembaga, Tgk. Sayed Munazir tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para pendamping yang telah menemani dan membimbing para peserta hingga acara selesai, serta apresiasi sebesar-besarnya kepada para peserta dari kafilah Bireuen khususnya, dan kafilah kabupaten lain umumnya yang telah membawa harum nama lembaga di ajang provinsi ini, semoga nanti juga dapat mewakili Aceh di ajang MQK Nasional pada Juli mendatang.

 

“Terima kasih kami ucapkan kepada para pendamping dan peserta yang telah mengharumkan nama lembaga, dan selamat kepada yang juara dan jangan berkecil hati bagi yang belum juara, insya Allah akan ada kesempatan di lain waktu. Semoga nanti juga ada santri MUDI yang akan ikut serta di tingkat nasional,” pungkas Tgk. Sayed Munazir. (Tadha)