Sambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Dayah MUDI Adakan Festival Muharram


Samalanga | Untuk menyambut tahun baru Islam 1445 H dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga adakan acara festival Muharram yang bertajuk “Santri Mendunia Dalam Ruang Karya” dengan beragam lomba yang diikuti oleh para santri antar kabupaten-kabilah dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Musabaqah Muharram sendiri merupakan acara rutin yang diadakan oleh pihak panitia hari besar Islam (PHBI) dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga dalam menyemarakkan tahun baru hijriah.


Musabaqah tahunan yang diadakan setiap awal bulan Muharram kali ini akan berlangsung mulai Kamis (malam Jumat), 20 Juli 2023 M. / 3 Muharram 1445 H sampai  24 Juli 2023 M/ 7 Muharram 1445 H. yang akan digelar di komplek dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga.


Acara ini diisi dengan berbagai macam lomba dalam rangka peningkatan mutu dan uji kompetensi para santri. Kepada mudimesra.com Tgk. Nasrullah Murni selaku ketua PHBI dayah MUDI menyampaikan rangkaian perlombaan dengan rincian sebagai berikut:

1. Fahmil Kutub

2. Bahsul Masail

3. Qira’atul kitab Al-Mahally

4. Qira’atul kitab Fathul Muin

5. Qira’atul kitab Fathul Qarib

6. Hafalan nadham Jauhar Maknun

7. Hafalan nadham Sullam Munawrak

8. Hafalan nadham Jauharah Tauhid

9. Pidato bahasa Indonesia

10. Pidato bahasa arab

11. Pidato bahasa Inggris

12. Pidato bahasa Aceh

13. Seni Melukis Sketsa

14. Menulis Opini

15. Tajhiz Mayat  

 

Sementara itu, terkait beberapa cabang perlombaan, ada di antaranya yang tidak berlangsung di panggung utama, tetapi di selenggarakan di beberapa titik berbeda sebagai mana yang telah dipersiapkan oleh pihak PHBI. Panggung utama musabaqah sendiri  terletak di halaman depan komplek putra dayah MUDI.

 

Tgk. Nasrullah berharap acara ini dapat menjadi ajang menggali dan unjuk kemampuan santri yang mungkin selama ini hanya tersimpan di balik bilik-bilik dan di tengah-tengah balai pesantren. Ia juga menambahkan bahwa acara festival Muharram ini bisa disaksikan di live streaming halaman Facebook Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga.


"Acara semacam ini perlu diadakan di tengah-tengah para santri. Di balik sebagai momen menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam, musabaqah juga menjadi sebagai wadah bagi santri untuk unjuk kemampuannya dengan konotasi positif yang selama ini hanya menjadi konsumsi eksklusif beberapa temannya saja, misalnya. Semoga Acara festival Muharram kali ini berjalan dengan lancar " pungkas Tgk. Nasrullah Murni. (Tadha)