Tim LBM MUDI Silaturrahmi ke LBM Nahdhatul Ulama Jawa Timur


Lajnah Bahtsul Masail (LBM)  MUDI Mesjid Raya Samalanga melakukan Silaturahmi dan studi banding dengan LBM PWNU Jawa Timur di kantor PWNU Porvinsi Jatim yang beramalat di Jl. Masjid Al-AkbarTimur No.9, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60234.

 

Dalam Silaturahmi dan Studi banding ini, dari dayah MUDI diwakili oleh Ketua LBM MUDI,  Tgk. Mustafa Kamal Hasan dan Wakil Ketua LBM MUDI, Tgk. Zulfan Fahmi M. Nasir, M.Pd.  Rombongan dari MUDI disambut langsung Oleh Kiyai Azhar Ketua LBM NU Jawa Timur, Sekjen LBM NU Jatim Kiyai Anas dan ketua LBM NU Kota Surabaya Kiyai Lukman.

 

Turut hadir pula dalam pertemuan tersebut, KH. Marzuki Mustamar yang merupakan Ketua NU Provinsi Jawa Timur dan KH. Maaruf Khozin, Anggota LBM PBNU sekaligus ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur.

 

Dalam pertemuan tersebut, Kita saling berdiskusi tentang proses mubahatsah yang dilaksanakan oleh LBM PWNU Jatim dan LBM MUDI Sendiri, seperti tata laksana, efektivitas, problem yang dihadapi, perumusan masalah dan beberapa hal terkait lainnya. Kita juga berdiskusi beberapa problem aktual terkait  kebangsaan, tantangan dan solusi yang harus dilakukan, Lembaga bahtsul Masail sendiri harus menjadi garda terdepan untuk terus merefleksikan nilai Islam yang rahmatan lil alamin dalam aktivitas umat Indonesia khususnya dan dunia umumnya.

 

Pertemuan yang berlangsung selama tiga jam tersebut dipenuhi rasa keakraban dan kekeluargaan. Kiyai Marzuki Mustamar banyak bercerita terkait situasi yang dihadapi Indonesia dan mana kemaslahatan terbaik yang harus diambil Kapal besar bernama Indonesia ini tetap kokoh dan kuat melewati gelombang penyimpangan yang mengatasnamakan agama.

 

Kiyai Maaruf Khozin yang ikut hadir dalam pertemuan mengungkapkan kekagumannya kepada Syekh Hasanoel Bashry HG karena Istiqamah mengajar sehingga bisa mengkhatamkan Kitab Tuhfatul Muhtaj selama 18 Tahun.

 

Pertemuan ini ditutup dengan foto bersama dan bertukar Cinderamata yang dihasilkan LBM MUDI dan LBM Pwnu Jatim

 

Surabaya, Selasa,18 Juli 2023