Abi MUDI Resmikan Dayah Cabang ke-222



Abi MUDI resmikan dayah Asy-Syafi’iyyah al-Aziziyah yang berada di bawah yayasan Darul Ulum wa Adab sebagai salah satu dayah yang berada di bawah naungan al-Aziziyah. Acara peresmian diadakan pada malam Rabu, 24 Oktober 2023, berlanjut dari acara maulid pada pagi Selasa tanggal yang sama. Dayah tersebut beralamat di Dusun Paya Puntong, Tualang Baro, kecamatan Manyak Payet, Aceh Tamiang. Dayah yang baru berumur 3 tahun tersebut dipimpin oleh salah satu alumni Dayah MUDI Samalanga angkatan 2007, yaitu Tgk. Muhammad Dusuki. Secara data, ini adalah dayah cabang ke-222 yang telah diresmikan dan berada di bawah naungan al-Aziziah.

Berdasarkan info dari pimpinan, dayah ini telah terdaftar di Kemenag dan terakreditasi, walaupun masih non-tipe karena mengingat infrastruktur yang masih minim di dayah yang terhitung baru ini. Beliau juga menyampaikan bahwa setidaknya santri yang notabenenya anak-anak dari masyarakat sekitar mulai mendaftarkan diri sebagai santri di dayah tersebut. Hingga kini, kurang lebih telah ada 150 santri.

Acara peresmian yang sekaligus dengan acara maulid itu juga dihadiri oleh masyarakat setempat dengan antusias. Dalam tata laksana agenda acara, setelah meresmikannya secara lisan, kemudian Abi melakukan peusijuek/ tepung tawar pimpinan Dayah beserta dewan guru, dilanjutkan pembukaan tirai papan pamflet dayah. (Tadha)